Canggihnya Dunia yang Sudah Serba Digital, Begini Tips Menabung Cerdik

3 menit
tips menabung
Tips menabung cermat di era yang serba digital (shutterstock)

Gaya hidup selalu menjadi biang kerok yang bikin dompetmu kebobolan. Karena itu, pentingnya untuk kamu mengetahui tips menabung yang tepat ,terutama di era yang semakin canggih seperti sekarang.

Percaya atau gak, perkembangan zaman yang sudah serba digital memang membawa dampak positif dan sangat membantu menjalankan aktivitas sehari-hari. Jadi, bisa dibilang keuntungannya tuh luar biasa banget.

Gimana gak, kamu kini sudah bisa melakukan apapun hanya dengan bermodalkan smartphone dan internet. Mulai dari membeli makanan, hingga belanja bulanan.

Kondisi itu juga didukung dengan semakin maraknya situs jual beli maupun online shop yang menawarkan berbagai keperluan. Kamu jadi gak perlu repot-repot pergi ke supermarket atau mal untuk berbelanja.

Meski menawarkan banyak manfaat, perkembangan teknologi yang kian canggih ternyata juga membawa dampak pada dompetmu. 

Pasalnya, gak sedikit orang tergoda membeli sesuatu karena harganya yang murah atau tergiur dengan embel-embel “flash sale”.

Walaupun harganya murah, misalnya hanya puluhan ribu rupiah, kalau sering dan barang itu ujung-ujungnya gak terpakai tetap saja menjadi pemborosan.

Kalau gak segera di stop yang ada bikin kamu kere karena tanpa sadar uangmu ludes hanya untuk membeli barang yang gak penting.

Karena itu, pentingnya kamu memiliki strategi ampuh agar keuanganmu tetap aman dan kebutuhan setiap bulan tetap berjalan lancar.

Lalu gimana caranya? Berikut, beberapa tips menabung cerdik di era yang sudah serba digital seperti saat ini rangkuman MoneySmart:

1. Tetapkan anggaran

Tips menabung
Tetapkan anggaran tips menabung cermat

Tips menabung pertama yang harus kamu terapkan adalah, menetapkan anggaran setiap bulan untuk di tabung atau belanja.

Baca juga: 5 Tips Menabung yang Simpel Ini Bantu Kamu Wujudkan Impian

Kamu bisa mengikuti teori 50/20/30 yang dipopulerkan oleh Elizabeth Warren, yaitu pakar keuangan sekaligus profesor di Harvard. Di mana kamu harus membagi penghasilanmu menjadi tiga pos, yakni:

  • 50 persen untuk kebutuhan pokok, seperti membayar cicilan kredit atau sewa rumah, hingga tagihan lainnya seperti listrik dan air.
  • 20 persen untuk tujuan finansial yaitu untuk investasi, asuransi serta menabung.
  • 30 persen untuk gaya hidup yaitu untuk belanja, nongkrong di kafe, jalan-jalan dan lainnya.

Misalnya, penghasilanmu setiap bulan sebesar Rp 10 juta. Maka kamu harus menyiapkan bujet Rp 2 juta untuk ditabung dan investasi. Perlahan, jika kamu sudah bisa mengatur keuangan dengan bijak, kamu bisa menambahkan dana untuk ditabung.

2. Memiliki lebih dari satu tabungan

Tips menabung
Memiliki lebih dari satu tabungan tips menabung cermat

Trik selanjutnya adalah, memiliki lebih dari satu tabungan. Kenapa? Hal itu untuk mengubah pikiranmu kalau kamu masih banyak uang.

Maksudnya, kalau kamu menyimpan uang tabungan di rekening yang sama, itu tanpa tidak langsung akan memicumu terus berbelanja karena melihat banyak uang di rekening tabunganmu.

Karena itu, sebaiknya kamu memiliki lebih dari satu tabungan. Misalnya tabungan di bank A untuk hidup sehari-hari, seperti ongkos dan lainnya. Sedangkan tabungan lainnya di bank B memang khusus untuk tabungan.

Selain itu, kamu juga disarankan untuk memilih jenis tabungan yang gak bisa diambil seperti tabungan berjangka.

3. Naik gaji, jumlah tabungan juga naik

Tips menabung
Jumlah tabungan naik seiring meningkatnya gaji tips menabung cermat

Agar target tujuanmu tercapai. Intinya adalah, konsisten. Salah satunya, menambah jumlah tabunganmu setiap bulan saat gaji juga mengalami kenaikan.

Meski nominalnya sedikit, tapi seperti kata pepatah, “Sedikit demi sedikit, lama-lama jadi bukit.” Jadi, walaupun penambahannya hanya ratusan ribu atau puluhan ribu rupiah, jika dikumulatifkan jumlahnya akan lumayan banget kan?

Pasalnya, gak sedikit orang justru membeli sesuatu atau mentraktir teman-teman saat naik gaji. Gak ada salahnya sih, terkadang kamu juga perlu mengapresiasi diri dengan membeli sesuatu atau menyantap makanan favoritmu.

Tapi, tetap ingat, jangan sampai kebablasan dan harus terus menyisihkan uang setiap bulan untuk ditabung.

4. Jangan menggunakan mbanking

tips menabung
Jangan gunakan mbanking tips menabung cermat

Mbanking merupakan salah satu fasilitas perbankan yang sebenarnya sangat membantumu melakukan aktivitas.

Misalnya, untuk beli token listrik. Jadi kamu gak perlu repot-repot keluar rumah ke minimarket untuk beli token, apalagi kalau matinya tengah malam.

Sayangnya, gak sedikit orang yang justru jadi semakin boros saat memiliki mbanking. Misalnya, kamu buka situs jual beli dan ada barang yang disukai, pasti langsung dibeli karena kemudahan mbanking yang ditawarkan. Tinggal buka mbanking kamu, dan transaksi selesai.

Saat gak memiliki mbanking, kamu pasti akan sedikit malas ke luar rumah untuk transfer via ATM. Percaya atau gak, hal itu secara gak langsung mencegah kamu untuk implusif lho!

Itulah empat tips menabung yang bisa kamu terapkan di era yang sudah serba digital seperti saat ini. Dengan kemudahan cara menabung di atas, udah gak sulit lagi kan menyisihkan uang setiap bulan? (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.