Dear Fresh Graduate! Ingat 3 Hal Ini dalam Memilih Pekerjaan Pertama

3 menit
Dear Fresh Graduate! Ingat 3 Hal Ini dalam Memilih Pekerjaan Pertama, (Ilustrasi/Shutterstock).

Karir fresh graduate merupakan langkah awal buat menentukan para lulusan baru ini beberapa tahun mendatang. Karena pekerjaan awal biasanya akan terus berhubungan dengan pekerjaan-pekerjaan berikutnya. Jadi sebagai fresh graduate alias baru lulus kuliah, penting banget nih buat mengetahui gimana memilih pekerjaan awal kamu. 

Misalnya di awal lulus kuliah, kamu memilih bekerja sebagai seorang wartawan, maka mau gak mau beberapa tahun ke depan karir mu bakalan terus berada di dunia media. Tentunya dengan level yang meningkat, entah menjadi editor, redaktur, hingga pemimpin redaksi. 

Atau ketika pekerjaan awalnya sebagai seorang sales, maka ke depannya kamu bakalan lebih dipandang sebagai orang yang berpengalaman di bidang marketing. 

Oleh karenanya, penting sekali buat para lulusan baru, dalam memilih pekerjaan pertamanya. Bisa saja sih, mengalami perubahan di bidang pekerjaan, tapi kamu mungkin bakal perlu adaptasi lagi dengan tugas dan area kerja yang jauh berbeda dari sebelumnya. 

Artinya, kalau kamu memutuskan buat beralih profesi, meskipun udah bekerja selama bertahun-tahun, bakal dianggap sebagai seorang junior lagi. Jadi, konsistensi di dalam karir itu perlu. 

Berikut ini tips karir fresh graduate dalam menentukan pekerjaan pertamanya, supaya tidak menyesal di kemudian hari. Karena pekerjaan pertama, menentukan karirmu kedepannya. 

Baca juga: 4 Profesi Seru dan Paling Menjanjikan untuk Kamu Generasi Milenial

1. Buat dan lihat rencana karir mu lima tahun ke depan

Karir Fresh Graduate
Buat dan lihat rencana karir mu lima tahun ke depan, (Ilustrasi/Pixabay).

Tips karir fresh graduate yang pertama buat dan lihatlah rencana karir mu lima tahun ke depan. Dalam menjalani roda kehidupan, kamu harus memiliki rencana, termasuk juga di dunia kerja. 

Perencanaan yang matang, tentu bakal membuat hidup mu lebih teratur dan terarah. Meskipun, pada kenyataannya, realita gak 100 persen sesuai rencana. 

Buat lima tahun ke depan, kira-kira apa aja yang ingin kamu lakukan, dan pencapaian seperti apa?. Kalau dirasa pekerjaan pertama itu mampu mendukung rencana lima tahunan mu, maka silahkan saja. 

Misalnya dalam waktu lima tahun mendatang, kamu pengin menjadi seorang pengusaha. Lalu kamu bisa memilih pekerjaan yang kira-kira bisa memberikan ilmu dan pengetahuan di dunia bisnis. Misal bekerja di startup, di restoran, atau di manapun yang mengajarkan mu tentang praktek jual beli hingga praktek menembus pasar pembeli. 

Baca juga: Fresh Graduate Gaji Pas-Pasan Tapi Mau Traveling ke Luar Negeri? Coba Cara Ini

2. Buat daftar keuntungan dan kekurangannya jika mengambil profesi itu 

karir fresh graduate
Buat daftar keuntungan dan kekurangannya jika mengambil profesi itu, (Ilustrasi/Pixabay).

Buat seorang lulusan baru, tentu kamu gak punya bayangan gimana dunia kerja atau profesi-profesi yang ada. Tapi, zaman sekarang udah makin canggih, kamu bisa melakukan riset lewat internet. 

Nah tips karir fresh graduate sebelum menentukan pekerjaan pertama adalah melihat keuntungan dan kelebihan dari profesi yang pengin diselami. 

Misalnya kamu bingung mau kerja di industri perbankan, media, startup, dan lain sebagainya. Ambil cerita-cerita mereka yang telah bekerja di industri itu. Kemudian bandingkan dari satu industri dengan industri lainnya. 

Kamu bisa memilih mana yang memiliki keuntungan terbanyak dan mengesampingkan industri dengan deretan kekurangannya banyak. 

Baca juga: Viral Tolak Gaji Rp 8 Juta, Ternyata Segini Rata-Rata Gaji Fresh Graduate Indonesia

3. Pilihlah yang sesuai dengan apa kamu inginkan, bukan ikut-ikutan teman

karir fresh graduate
Pilihlah yang sesuai dengan apa kamu inginkan, bukan ikut-ikutan teman, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kata orang, bekerjalah sesuai dengan passion, karena dengan passion kamu bakalan bekerja dengan sungguh-sungguh. Jadi, pilihlah pekerjaan yang benar-benar kamu inginkan dan sesuai kemampuan. 

Jangan terlalu mengikuti perkataan dari sekitar karena yang menjalani kehidupan ya diri kamu sendiri. Kalau minta saran saja mungkin gak apa-apa tapi gak harus diikuti. 

Misalnya, teman kamu merasa senang bekerja di sektor retail, mereka mengaku enak dengan budaya kerjanya. Kemudian kamu iseng ikut-ikutan masuk, dan ternyata setelah kerja malah gak sesuai dengan ekspektasi, Siapa yang salah? Ya kamu sendiri! 

Pikirkan dengan matang-matang, karir seperti apa yang kamu inginkan. Renungkan dengan hati, tanyakan ke orangtua sebagai masukan dan saran.

Itulah tiga tips karir fresh graduate yang wajib diingat-ingat. Intinya, pekerjaan pertama itu sangat vital dalam karir mu ke depannya. Langkah terbijak adalah, jangan gegabah mengambilnya, sekalipun tawaran gaji yang bakal didapatkan sangatlah menggiurkan. (Editor: Mahardian Prawira Bhisma)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.