Hati-Hati! 6 Gejala Ini Tanda Kamu Gak Bisa Bayar Utang

4 menit
utang
Gejala kamu gak bisa bayar utang. (Shutterstock)

Membayar utang bukanlah suatu hal yang menyenangkan bagi beberapa orang. Tapi bagaimanapun, yang namanya utang ya harus dibayar, supaya kondisi keuangan kita selalu sehat.

Meminjam uang adalah hal yang gak seharusnya kita hindari atau haramkan. Kadang kita membutuhkan hal ini di dalam keadaan yang mendesak. Berutang bisa sangat bermanfaat bila dana yang dipinjamkan dipakai untuk hal-hal yang produktif seperti modal usaha. Tentunya, itu juga harus diimbangi dengan pengelolaan uang yang baik.

Dalam mengelola keuangan, kita butuh ketelitian dan kecermatan yang baik. Mau puluhan atau bahkan ratusan juta gaji yang kita dapatkan setiap bulannya bakal cepat abis bila manajemen keuangannya masih buruk. Ujung-ujungnya balik lagi minjem uang deh.

Kalau hal semacam ini dibiarkan terus, hidup kamu pasti gak akan tenang dan selalu dihantui oleh bayang bayang debt collector. Kesehatan mental pun bisa ikut terganggu lho.

Kemampuan seseorang dalam membayar utang bisa dilihat dari sikap mereka dalam mengelola dan menyelesaikan utang. Nah, jangan sampai hal-hal berikut ini kamu alami ya, sebab kalau sudah terjadi padamu, amat dikhawatirkan kamu gak bakalan bisa membayar utang-utangmu.

Baca juga: Utang Membengkak Gara-Gara Tagihan Menumpuk? Ini Solusinya

1. Tambal sulam

utang
Gali lubang tutup lubang nama lainnya. (Shutterstock)

Dikutip dari US News, beberapa waktu belakangan banyak terjadi kasus di mana fintech tanah air mengalami kredit macet. Salah satu penyebabnya adalah karena para debitur gak mampu membayar utang. Untuk mengakali masalah ini, mereka meminjam uang lagi kepada sumber lainnya sehingga permasalahannya gak kunjung selesai, inilah yang dimaksud dengan tambal sulam.

FYI hal kaya gini gak akan menyelesaikan masalah apapun. Alih-alih bisa bayar pinjaman justru memperburuk kondisi karena semakin banyak pihak yang memiliki urusan sama kamu. Jadi, jangan pernah melakukan hal semacam ini.

Baca juga: Gak Mau Terjerat Utang? Lakukan Cara-Cara Ini Biar Kaya

2. Pasrah dan percaya kondisinya akan membaik

utang
Cuma bisa pasrah? (Shutterstock)

Karakter setiap orang berbeda-beda, ada yang santai, ada yang gampang panik ada juga yang serius menanggapi sesuatu. Kalau kamu salah satu tipe yang santai dan percaya segala sesuatunya akan membaik begitu aja sebaiknya mulai waspada. Karena uang gak akan dateng gitu aja.

Kamu harus bekerja dua atau tiga kali lebih keras dibandingkan orang lainnya, sebab kewajiban yang dimiliki lebih banyak.

Baca juga: Ini Tips Sukses Buka Usaha Tanpa Berutang ke Kanan dan ke Kiri

3. Berlebihan makan, merokok dan mabuk

utang
Hmm, tanda-tanda tuh. (Shutterstock)

Biasanya hal ini terjadi ketika seseorang udah merasa menemui jalan buntu. Mereka melakukan hal tersebut sebagai pelampiasan rasa frustasi akibat gak mampu lagi membayar utang.

Padahal kalau dipikir secara akal sehat, selain bikin kesehatan semakin menurun, aktivitas itu juga memerlukan biaya yang gak sedikit bukan? Sialnya lagi bila masuk rumah sakit, biaya yang dikeluarkan jadi membengkak.

4. Sering bertengkar dengan orang terdekat

utang
Berantem melulu, lagi mikirin utang ya? (Shutterstock)

Jika kamu sering berdebat dengan orang terdekat, mungkin itu tanda bahwa kamu lagi berada dalam suatu masalah. Gagal membayar utang misalnya. Topik perdebatannya pun bukan cuma tentang uang semata, melainkan bisa menjalar ke urusan yang lainnya.

Ketika mengobrol dengan lawan bicara usahakan untuk gak terpancing emosi sesaat. Jernihkan pikiran dengan curhat kepada orang lain supaya beban yang ada bisa berkurang.

5. Menjadi lebih irit

utang
Duit tinggal sedikit, diirit-irit. (Shutterstock)

Di satu sisi, hal ini memiliki dampak yang positif dimana artinya kamu bisa menghemat bujet untuk membayar utang. Namun di sisi lain juga bisa jadi mengartikan kamu lagi kekurangan biaya untuk bayar utang.

Bila hal ini terjadi, kamu harus tetap mencicil pinjaman walaupun jumlahnya gak banyak. Sebab, kalau gak di bayar, bunganya akan semakin bertambah. Sisihkan duit setiap harinya supaya di akhir bulan cukup membayarnya.

6. Gak punya anggaran bulanan

utang
Gawat kalau gak punya anggaran bulanan. (Shutterstock)

Biarpun gak ada hubungannya secara langsung pada jumlah uang di dompet kamu, gak punya anggaran bulanan bisa menggambarkan manajemen keuangan kamu selama ini. Dengan adanya anggaran bulanan, kamu bisa melihat secara rinci serta mudah arus uang yang keluar dan masuk setiap bulan.

Cobalah mulai dari hal paling sederhana yakni mengumpulkan bukti transaksi dan catat melalui aplikasi yang telah banyak beredar. Jadi kamu gak perlu lagi repot-repot bikin buku besar.

Nah itu dia 6 tanda kalau kamu lagi kesulitan membayar utang. Meminjam uang bisa dikatakan merupakan opsi terakhir untuk mengatasi krisis keuangan yang dialami seseorang. (Editor: Ruben Setiawan)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1