Lanjut Kuliah S2 di Luar Negeri, Ini Alasan Kuat dan Bijaksana Tasya Kamila

3 menit
Lanjut Kuliah S2 di Luar Negeri, Ini Alasan Kuat dan Bijaksana Tasya Kamila, (Instagram/@tasyakamila).

Siapa yang gak ingat betapa lucunya sosok Tasya Kamila saat menyanyikan lagu “Anak Gembala” karya At Mahmud. Nah, ibu satu anak ini berencana kuliah lagi lho buat melanjutkan S2-nya di luar negeri. Kira-kira alasan kuat apa ya yang membuat dirinya mau kuliah lagi di luar negeri? 

Baru-baru ini, mantan artis cilik Tasya Kamila muncul di Kongres Diaspora Indonesia kelima yang diselenggarakan (10/8) di Kota Kasablanka. Dalam acara tersebut Tasya menceritakan sejumlah alasan mengapa dirinya memutuskan buat melanjutkan studinya hingga ke luar negeri meskipun kini statusnya udah menjadi seorang ibu.

Lulusan Fakultas Akuntansi Universitas Indonesia ini, menyelesaikan pendidikan jenjang S1-nya dengan IPK fantastis 3,58 dalam waktu 3,5 tahun! Wow, hebat ya.

Dan akhirnya, Tasya melanjutkan studinya di Columbia University lewat beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Sejatinya apa sih yang melatar belakangi Tasya akhirnya memilih sekolah lagi? Padahal kalau dipikir-pikir, berbekal namanya aja dirinya bisa kembali ke dunia hiburan dengan mudah. Mau tahu alasan Tasya kuliah lagi? Berikut ulasannya.

Baca juga: 10 Wanita Terkaya di Dunia 2018, Hartanya Sampai Ratusan Triliun!

Tasya Kamila ingat omongan orang tua “Uang bisa habis tapi ilmu tidak”

tasya kamila
Meskipun udah memiliki anak satu dan berstatuskan sebagai ibu, Tasya mantab kuliah S2 lho di luar negeri, (Instagram/@tasyakamila).

“Salah satu motivasi buat sekolah lagi adalah karena ingat wejangan ayah saya. Uang bisa habis, tapi ilmu tidak bisa habis,” ujar Tasya Kamila.

Tasya mengatakan pula bahwa kuliah juga bukan cuma mendalami ilmu. Tapi, pendidikan juga bisa membantu kita dalam membentuk pola pikir baru dan mengembangkan network tentunya.

Jelas aja, Columbia University adalah kampus di mana Barack Obama merupakan lulusannya. Kampus Obama ini bisa dibilang salah satu yang bergengsi di Negeri Paman Sam dan rankingnya pun tinggi banget ketimbang kampus-kampus lain. Mengembangkan network atau jaringan di sana, adalah hal yang cerdas.

Baca juga: Megah dan Lengkap, Berapa Biaya Pendidikan di Ponpes Azzikra Milik Arifin Ilham?

Tes mental saat tinggal di negeri orang

tasya kamila
Meskipun udah memiliki anak satu, Tasya mantab banget nih buat kuliah S2 di negeri orang, (Instagram/@tasyakamila).

Ini dia yang bikin salut dan bangga dengan sosok ibu satu anak ini, meskipun dirinya dikenal banyak orang sebagai selebriti, Tasya ternyata masih tertarik buat menantang dirinya sendiri di dunia pendidikan. 

“Dari TK sampai S1 saya di Indoneisa, gak pernah di luar negeri. Bahkan Bahasa Inggris juga gak jago-jago amat pada saat itu. Intinya, alasan (melanjutkan kuliah di luar negeri) adalah step out from comfort zone (keluar dari zona nyaman). Saya cuma pengen tahu, kira-kira saua bisa gak sih survive ketika jauh dari keluarga,” lanjutnya. 

Cukup inspiratif bukan? Bisa dibilang, Tasya Kamila tentunya udah bisa hidup dari pendapatan pasif lho. Tapi alih-alih fokus cari uang, dirinya malah mencari tantangan baru di negara lain yang jauh banget dari Indonesia. Dan setelah lulus S2, ia pun memilih aktif di berbagai proyek-proyek kemanusiaan. 

Kira-kira begitulah alasan Tasya Kamila yang memutuskan untuk lanjut S2 di luar negeri, ketimbang aktif di dunia hiburan. Intinya, selama masih muda gak ada yang salah kok untuk menimba ilmu lebih tinggi dan gak perlu khawatir buat pergi jauh dari tempat tinggal

Dengan ilmu dan network barumu nanti, kamu justru bisa mendapatkan banyak peluang untuk bisnis dan lain sebagainya. Gimana, tertarik S2 di luar negeri kayak Tasya Kamila? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.