Disopiri PM Mahathir Mohamad, Berapa Harga Proton yang Dinaiki Jokowi?

4 menit
Disopiri PM Mahathir Mohamad, Berapa Harga Proton yang Dinaiki Jokowi?, (Twitter/@jokowi).

Presiden Joko Widodo baru-baru ini bertolak ke Malaysia pada Jumat (9/8) dalam rangka kunjungan kenegaraan. Kabarnya nih usai melihat-lihat mobil nasional buatan Malaysia, Pak Jokowi menaiki mobil Proton Persona yang rupanya disopiri oleh Perdana Menteri Mahathir Mohamad lho. Tampilan Proton Persona saat ini emang makin ciamik banget dibandingkan generasi sebelumnya, kira-kira berapa ya harganya? 

Kalau Malaysia boleh bangga dengan Proton, Indonesia seharusnya juga mengalami hal yang sama dengan negera tetangga lantaran kita memiliki mobil Esemka. Esemka emang digadang-gadang sebagai salah satu mobil nasional, namun sayangnya kini riwayatnya emang gak semulus milik Negeri Jiran.

Proton Persona, Exora lalu Saga ketiga varian pabrikan Proton ini pernah menghiasi jalanan di Indonesia. Tapi nasib gak bagus dialami pabrikan Malaysia saat ini. Populasi varian Proton tersebut emang gak lama mengaspal di Indonesia, belum lagi kini hantaman pabrikan China merajalela. Sebut aja DFSK dan Wuling merupakan pabrikan asal China yang memiliki pamor saat ini di industri otomotif Indonesia. 

Esemka ‘memble’, mobil nasional Malaysia jadi sorotan usai Jokowi disopiri PM Mahathir Mohamad

mobil proton
Begini nih pemandangan ketika Jokowi disopiri oleh PM Malaysia, (Twitter/@jokowi).

Lalu gimana dengan Esemka? Mobil Esemka yang seharusnya menjadi kebanggaan masyarakat Indonesia emang saat ini terdengar ‘memble’. Seperti dikutip Tirto.id, Sabtu, (10/8/2019), kemunculan mobil Esemka emang sempat mengalami kegagalan dalam berbagai uji coba. 

Gak cuma itu, bobot Esemka yang semula mencapai 2.200 kilogram mau gak mau mesti dikurangi nih alias dipangkas menjadi 1.640 kg. Esemka emang sempat dijadikan salah satu kendaraan operasional dinas perjalanan dalam kita pemimpin Solo usah mendapatkan surat-surat resmi. 

Tapi siapa sangka kini nasibnya gak semujur layaknya mobil pabrikan Malaysia maupun China. 

Nah, momen Presiden Jokowi yang tengah ‘mencicipi’ mobil nasional Malaysia terekam dalam sebuah video yang di-posting akun Twitter @MelGohCNA dari Channel News Asia. Mobil Proton Persona berwarna merah tersebut membawa Presiden Jokowi dan Perdana Menteri Mahathir Mohamad ke Masjid Putra di Putrajaya buat melaksanakan ibadah salat Jumat.

Sekadar informasi, Proton merupakan nama dari mobil nasional yang diproduksi Malaysia sejak 1983. Lahirnya mobil nasional ini gak lepas dari campur tangan Perdana Menteri Malaysia saat itu Mahathir Mohamad.

Bikin penasaran, kira-kira berapa ya harga mobil Proton terbaru saat ini? Lebih mahal atau lebih murah dari mobil Esemka yang pernah diperkenalkan Presiden Jokowi? Berikut ini ulasannya.

Baca juga: Wiih, Ini Dia 5 Mobil Termahal di Dunia dan Para Pemiliknya

Lebih mahal dari Esemka, ini harga mobil Proton terbaru tahun 2019

mobil proton
Begini nih tampilan generasi terbaru dari Proton Persona, (Ilustrasi/Shutterstock).

Telah diproduksi sejak 1983, Proton meluncurkan beberapa pilihan mobil yang saat ini diperdagangkan. Mulai dari X70, Saga, Persona, Iriz, Exora, Perdana, Proton Ertiga, hingga Preve.

Tiap-tiap pilihan mobil Proton yang ditawarkan pastinya berbeda-beda harganya, tergantung dari spesifikasi yang ada pada mobil itu sendiri. Berikut ini adalah harga terbaru tahun 2019 dari mobil Proton yang dijual di Peninsular Malaysia.

Mobil Proton Kapasitas mesin Harga (Ringgit)
Saga 1.332 cc RM 32.800 – RM 39.800
Iriz 1.332 cc – 1.597 cc RM 36.700 – RM 46.700
Persona 1.597 cc RM 42.600 – RM 54.600
Proton Ertiga 1.373 cc RM 56.773 – RM 62.278
Exora 1.561 cc RM 59.800 – RM 66.800
X70 1.799 cc RM 99.800 – RM 123.800
Perdana 1.997 cc – 2.354 cc RM 103.927,68 – RM 127.247,74

Tipe termurah dari mobil Proton adalah Saga dengan harga jual RM 32.800 – RM 39.800. Kalau dirupiahkan, harga jual mobil tersebut sekitar Rp 111 jutaan – Rp 135 jutaan.

Harga mobil Proton Saga ini lebih mahal dibanding mobil Esemka yang paling murah. Asal tahu aja nih, ada mobil Esemka yang dijual mulai dari harga Rp 81 jutaan. Jelas aja harga segitu jauh lebih murah dari harga Proton Saga.

Sementara harga mobil Proton Persona yang dinaiki Presiden Jokowi mencapai RM 42.600 – RM 54.600. Harga Proton Persona kalau dirupiahkan sekitar Rp 144 jutaan – Rp 185 jutaan.

Kalau dibandingkan dengan Honda Brio Satya dari segi kapasitas mesin, membeli Proton Persona jelas lebih menguntungkan. Soalnya dengan modal Rp 144 juta, kamu bisa mendapatkan mobil dengan kapasitas mesin 1.597 cc. Mobil Honda Brio Satya sendiri memiliki kapasitas mesin 1.199 cc.

Selain kapasitas mesin 1.597 cc, apa aja spesifikasi-spesifikasi yang ditawarkan mobil Proton Persona? Berikut ini rinciannya.

Baca juga: Punya Mobil Cina, Total Kekayaan Mendagri Tjahjo Kumolo Sampai Rp 7,3 Miliar

Ini lho spesifikasi mobil Proton Persona Standard MT yang harganya RM 42.600

mobil proton
Proton Persona menjadi pusat perhatian nih usah dinaiki oleh Jokowi, lalu gimana dengan harganya?, (Proton.com).

Seperti yang udah disebutkan di atas, mobil Proton keluaran tahun 2019 ini dijual dengan harga RM 42.600 atau sekitar Rp 144 jutaan. Dengan harga tersebut, Proton menyajikan spesifikasi-spesifikasi sebagai berikut di Proton Persona Standard MT.

Spesifikasi Mobil Proton Persona Standard MT
Tipe mesin 4 Cylinders In-Line 16 Valve DOHC, VVT
Mesin 1.597 cc
Jenis transmisi 5-speed manual
Bahan bakar Bensin
Kapasitas tangki bahan bakar 40 liter
Sistem pemasukan bahan bakar Multi Point Injection
Dimensi 4.362 mm (P), 1.722 mm (L), 1.554 mm (T)
Jumlah pintu 4 pintu
Warna – Rosewood Maroon

– Snow White

– Armour Silver

– Jet Grey

– Ruby Red

Nah, itu tadi informasi mobil Proton Persona yang dipakai Presiden Jokowi, dari harga hingga spesifikasinya, gimana? Tertarik buat membeli mobil pabrikan Malaysia atau memilih Esemka? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!