Zaman Semakin Canggih, Ternyata ini Kelebihan dan Kekurangan Menabung di Bank

3 menit
Menabung di bank menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih orang untuk mengamankan pundi-pundi kekayaannya (Shutterstock).
Menabung di bank menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih orang untuk mengamankan pundi-pundi kekayaannya (Shutterstock).

Menabung di bank menjadi salah satu alternatif yang banyak dipilih orang untuk mengamankan pundi-pundi kekayaannya.

Kebayang gak sih kalau kamu harus bawa uang tunai dengan nominal yang besar saat bepergian? Selain was-was karena takut dirampok, kamu juga tentu repot menyimpan uang.

Karena itu banyak orang yang memilih untuk menyimpan uangnya di bank. Karena kamu hanya perlu membawa satu kartu dan bisa melakukan berbagai transaksi.

Selain itu kalau kartu ATM hilang pun, kamu juga gak perlu khawatir uangmu bakal hilang karena dicuri orang. Karena untuk melakukan transaksi diperlukan PIN yang hanya kamu sendiri yang tahu.

Sementara kalau bawa uang cash, tentu kamu sudah pasrah uangmu akan diambil orang saat tas atau dompet kamu hilang.

Namun, seiring perkembangan zaman yang makin canggih kian bermunculan pula tabungan digital yang menawarkan kemudahan bertransaksi yang tak kalah dengan bank. Bahkan tabungan digital kini banyak dilirik orang terutama buat mereka yang gak punya banyak waktu.

Gimana gak, toh kamu bisa mengurus segala keperluan keuangan hanya dengan bermodalkan smartphone dan internet. Mulai dari pembukaan rekening hingga melakukan transaksi.

Meski begitu, masih banyak orang juga yang tetap setia memilih uang di bank dengan berbagai alasan. Karena itu, kali ini MoneySmart.id ingin memberikan informasi terkait kelebihan dan kekurangan menabung di bank yang perlu banget kamu ketahui.

Apa saja itu? Berikut ulasannya:

Kelebihan menabung di bank

Menabung di bank
Kelebihan menabung di bank adalah praktis (Shutterstock).

Berikut beberapa keuntungan yang bisa kamu dapatkan saat menabung uang di bank, seperti:

1. Mendapatkan bunga

Keuntungan menabung di bank yang kerap menjadi pertimbangan banyak orang karena kamu akan mendapatkan suku bunga.

Memang sih yang kamu dapatkan juga gak seberapa, tapi jika kamu menabung dalam jangka waktu yang lama dengan nominal yang cukup besar. Maka penambahan uangmu juga akan signifikan.

2. Lebih praktis dan simpel

Kelebihan lainnya dari menabung uang di bank adalah lebih praktis dan tentu saja simpel. Seperti yang sudah dijelaskan di atas, kalau kamu hanya perlu membawa satu kartu ATM maka kamu bisa melakukan berbagai transaksi.

Selain itu, bank juga menawarkan fasilitas mobile banking dan internet banking yang semakin memudahkan dalam bertransaksi. Mulai dari transfer uang, membayar keperluan bulanan hingga membayar tagihan seperti air, listrik, kartu kredit dan lainnya.

3. Keamanan terjamin

Selain itu, jika uangmu disimpan di bank maka dana kamu itu akan dijamin oleh Lembaga Penjamin Simpanan (LPS). Jadi, saat bank tutup atau terjadi masalah kamu gak perlu khawatir tuh uangmu bakal hilang ditelan bumi.

Pasalnya, seperti yang dilansir dari situs resminya, LPS akan menjamin semua jenis simpanan nasabah di bank, seperti tabungan, deposito, giro dan juga sertifikat dengan maksimal dana sebesar Rp 2 miliar.

Jadi, LPS akan mengembalikkan semua uang kamu asalkan memenuhi syarat layak bayar atau 3T yaitu tercatat dalam pembukuan bank, tidak melakukan tindakan yang merugikan bank dan juga tingkat bunga simpanan tidak melebihi tingkat bunga penjamin.

Kekurangan menabung di bank

Menabung di bank
Tarik tunai ATM (Shutterstock).

Selain kelebihan, menabung di bank juga ada kekurangannya loh. Apa saja itu? Berikut di antaranya:

1. Tidak gratis

Kamu tentu sudah tahu kalau ada biaya administrasi setiap bulan yang dibebankan oleh nasabah. Bilangannya pun tergantung dari jenis tabungan yang kamu pilih.

Contohnya saja, kartu debit Paspor BCA Blue dikenakan biaya administrasi sebesar Rp 15 ribu per bulan. Sementara kartu debit Paspor BCA Gold, biaya per bulannya adalah sebesar Rp 17 ribu.

Meski begitu, ada juga jenis tabungan perbankan yang tidak dikenakan biaya administrasi loh. Salah satunya TabunganKu yang sudah dimiliki oleh semua bank di Indonesia.

2. Ada limit transaksi

Kekurangan lainnya menabung di bank adalah ada batasan limit transaksi per harinya dan saldo minimum yang harus tersedia di rekening kamu.

Misalnya saja, Bank Mandiri yang setiap nasabah harus memiliki saldo minimum Rp 100 ribu yang tidak bisa ditarik atau digunakan. Atau limit penarikan uang setiap hari maksimal Rp 5 juta.

Meski begitu, kamu bisa menyesuaikan dengan kebutuhanmu. Kalau sekiranya dalam sehari kamu akan melakukan penarikan uang lebih dari Rp 5 juta, maka pilihlah jenis kartu yang memberikan limit penarikan lebih besar.

Bisa juga kamu memilih bank yang saldo minimumnya di bawah Rp 100 ribu. Salah satunya adalah Bank BRI yang minimum saldonya sebesar Rp 50 ribu.

Itu dia kelebihan dan kekurang menabung di bank yang perlu kamu ketahui. Meski dikenakan biaya administrasi dan ada limit transaksi tapi tetap saja menyimpan uang di bank merupakan solusi tepat untuk memudahkanmu dalam bertransaksi. (Editor: Winda Destiana Putri).

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.