Kolesterol Naik Saat Idul Adha? Ini 10 Makanan yang Bisa Menurunkannya

4 menit
makanan penurun kolesterol
Sate kambing. (Shutterstock)

Idul Adha identik dengan makan-makanan berlemak dan penuh dengan kolesterol. Seperti misalnya rendang daging, opor ayam, hingga bakar-bakaran sate sapi dan kambing. 

Kalau kamu kalap makannya, hati-hati kadar kolesterol bisa tinggi. Yang ada nanti malah pusing, badan sakit, tengkuk sakit, dan lain-lainnya. Jadi gak enak deh kalau beraktivitas. Lebih parahnya lagi, kolesterol bisa memicu berbagai penyakit lainnya, seperti misalnya darah tinggi.

Zat kolesterol itu sebenarnya ada yang baik dan ada yang jahat. Nah yang gak sehat itu kalau di dalam darah terdapat lebih banyak kolesterol jahat. Kolesterol jahat didapatkan dari makanan-makanan yang tidak sehat dan mengandung lemak jenuh. Seperti misalnya gorengan, daging yang diolah secara tidak sehat, jeroan, santan, dan lain-lainnya. 

Kalau sudah kena, kamu wajib makan makanan penurun kolesterol. Tujuannya biar kadar kolesterol jahat berkurang. Kira-kira apa saja sih makanan tersebut? Berikut ini ulasannya seperti dikutip dari healtline

Baca juga: 6 Profesi yang Sering Ditemukan dan Kebanjiran Rezeki Pas Idul Adha

1. Alpukat 

makanan penurun kolesterol
Alpukat. (Pixabay)

Makanan penurun kolesterol yang pertama adalah buah alpukat. Alpukat mengandung lemak tak jenuh dan tinggi serat. Dua kandungan tersebut diyakini bisa menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

Gak cuma buat menurunkan kolesterol, alpukat juga ternyata baik untuk menurunkan berat badan. Karena setiap makan alpukat kamu bakal merasa lebih kenyang, jadi kecenderungan untuk mengonsumsi karbohidrat bakalan berkurang.  

Baca juga: Buat Persiapan Idul Adha, Ini 5 Resep Sate Kambing Lezat dan Murah Meriah

2. Kacang-kacangan 

makanan penurun kolesterol
Kacang almond. (Pixabay)

Kacang-kacangan ternyata juga bisa menurunkan kolesterol dengan cepat. Tapi yang paling utama adalah kacang almond dan kenari. Keduanya mengandung lemak tak jenuh serta omega 3. Zat-zat ini cocok untuk menurunkan kolesterol, mencegah darah tinggi, dan mengurangi risiko penyakit jantung. 

Baca juga: Cuma Rp 30 Ribu! Pencinta Sate dan Sup Kambing Yuk Icip Menu Paket 1/2 5

3. Ikan 

makanan penurun kolesterol
Ikan salmon. (Pixabay)

Misalnya kamu kalap makan sate kambing dan sapi di pagi hari, jangan lupa untuk segera makan makanan penurun kolesterol saat sore hari. Salah satu yang bisa kamu santap adalah ikan, terutama ikan salmon. 

Ikan terutama salmon mengandung omega 3 yang tinggi. Lebih baik sih kalau ikannya dipanggang atau dibakar. Apabila rajin mengonsumsinya seminggu sekali, risiko terkena penyakit seperti stroke dan jantung bisa berkurang 27 persen. 

4. Keluarga berry 

makanan penurun kolesterol
Beri. (Pixabay)

Di dalam keluarga berry ada strawberry, blueberry, dan blackberry. Buah kecil berasa asam ini ternyata mampu menurunkan kadar kolesterol dengan cepat. Kandungan seratnya juga mampu mencegah penyakit jantung. 

5. Dark chocolate 

makanan penurun kolesterol
Dark chocolate. (Pixabay)

Siapa sangka kalau dark chocolate termasuk ke dalam makanan penurun kolesterol? Tapi ingat, harus dark chocolate yang murni dan tidak ada campurannya. Karena dark chocolate yang dijual di supermarket-supermarket biasanya sudah dicampur dengan gula dan susu. Bukannya nurunin kolesterol malah bikin diabetes. 

6. Bawang putih 

makanan penurun kolesterol
Bawang putih. (Pixabay)

Selama berabad-abad, bawang putih sudah menjadi obat-obatan. Bawang putih mengandung senyawa alisin yang mampu menurunkan tekanan darah tinggi dan kadar kolesterol. 

7. Makanan penurun kolesterol, olahan kacang kedelai 

makanan penurun kolesterol
Susu kedelai. (Pixabay)

Ada banyak makanan olahan kacang kedelai, mulai dari tempe, tahu, dan susu kedelai. Banyak penelitian yang menyebut kalau olahan kedelai ini mampu menurunkan kolesterol jahat dan meningkatkan kolesterol baik. 

8. Teh 

makanan penurun kolesterol
Teh. (Pixabay)

Teh terutama teh hijau juga bisa membantu menurunkan kolesterol. Karena ada dua senyawa yang sangat bermanfaat di dalam teh, yaitu katekin dan kuersetin. 

Katekin diyakini mampu mengontrol tekanan darah, dan membantu penyerapan kolesterol dengan baik. Sementara itu, kuersetin bisa membantu meningkatkan fungsi pembuluh darah dan menurunkan risiko peradangan pembuluh darah. 

9. Minyak zaitun 

makanan penurun kolesterol
Minyak zaitun. (Pixabay)

Sebenarnya semua makanan bisa menjadi makanan penurun kolesterol, asalkan menggunakan minyak yang tepat untuk memasaknya, seperti minyak zaitun. Karena, minyak zaitun kaya kandungan lemak tak jenuh yang mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. 

Kamu bisa juga meminum minyak zaitun secara langsung sebanyak 4 sendok makan atau 60 ml dalam sehari. Jika rajin mengonsumsinya, maka risiko terkena penyakit jantung juga akan berkurang 30 persen. 

10. Makanan penurun kolesterol, sayur-sayuran 

makanan penurun kolesterol
Sayuran. (Pixabay)

Sayuran di sini terutama yang mengandung zat pektin tinggi. Zat tersebut mampu menurunkan kadar kolesterol jahat. Zat tersebut paling banyak terkandung di terong, wortel, dan kentang. Selain itu, sayuran juga termasuk makanan yang rendah kalori, jadi baik untuk diet. 

Itulah sepuluh makanan penurun kolesterol. Kolesterol merupakan salah satu sumber penyakit-penyakit berbahaya, seperti darah tinggi, jantung, hingga stroke. Jadi kalau makanannya gak dikontrol, bisa berisiko terkena penyakit-penyakit berbahaya tersebut. Boleh lah sesekali menyantap makanan berkolesterol, asal jangan keseringan dan kalap. (Editor: Ruben Setiawan)

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.