Ini Ternyata Pentingnya Kemasan Produk Bagi Penjualan

2 menit
Kemasan Produk (Shutterstock)
Kemasan Produk (Shutterstock)

Kemasan produk menjadi hal yang penting disamping kualitas produk yang dijual. Berbagai industri besar seperti makanan, minuman, fashion, hingga elektronik memberikan kesan menarik pada penampilan kemasan produk.

Hal ini guna menarik minat konsumen dalam membeli sebuah produk dan meningkatkan daya saing prosuk itu sendiri.

Di Indonesia sendiri isu kemasan produk masih menjadi tantangan bagi produk lokal utamanya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM). Sebab banyak produk UMKM lokal yang memiliki kualitas baik dan bisa diterima oleh pasar. Tetapi tidak  memiliki kemasan produk yang menarik sehingga tidak dapat bersaing secara jangka panjang ditengah gempuran barang impor.

1. Memberikan Daya Tarik

Dalam persoalan kemasan produk, dari sisi daya tarik menjadi faktor utama, bisa saja dengan produk yang sama, kualitas yang sama, dan harga yang sama. Tetapi kemasan produk yang berbeda, maka tingkat penjualannya berbeda karena kurang menariknya kemasan produk yang ditampilkan.

Selain memberikan perlindungan terhadap produk yang dijual, kemasan produk yang menarik juga mampu meingkatkan penjualan. Bahkan jika desain yang unik dan menggunakan bahan material yang bagus konsumen enggan membuangnya.

Bagi UMKM bisa menggunakan jasa desain kemasan produk sesuai dengan produk yang dijual, dan target pasar yang dituju. Hal ini agar kemasan produk tidak salah sasaran dan menjadi nilai lebih sebuah produk.

2. Membangun Kepercayaan

Dengan menggunakan kemasan produk yang baik dan menarik, secara tidak langsung penjual juga membangun kepercayaan kepada konsumennya. Hal ini dilihat dari kemasan produk yang memberikan informasi produk secara jelas. Kemudian kode produksi, tanggal kadaluarsa produk, standar keamanan produk, hingga sertifikasi halal dari lembaga berwenang.

Dengan informasi yang lengkap, hal ini tentu menjadi menarik dan informatif. Tetapi yang perlu diingat adalah meringkas informasi secara bijak, dengan menyesuaikan desain dan tata letaknya.

Sebab, kepercayaan konsumen juga penting, dan menjadi salah satu pertimbangan dalam membeli sebuah produk, jika informasi tidak jelas, maka konsumen juga enggan membeli produk tersebut.

3. Membuat Ciri Khas

Kemasan produk juga menjadi ciri khas sebuah produk dan memberikan kemudahan konsumen mengenali produk yang dijual. Bahkan beberapa industri makanan di Indonesia terus mempertahankan identitas yang dijualnya. Seperti logo, warna, hingga desain kemasan, hal ini semata-mata untuk mempertahankan ciri khas yang melekat pada produk.

Pemerintah Dorong UMKM Tingkatkan Kualitas Kemasan Produk

Sementara itu, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (Kemenkop UKM) tengah mendorong program strategis untuk mengembangkan UMKM di Indonesia agar memiliki kemasan produk yang menarik minat pembeli.

Sekretaris Kemenkop UKM, Rully Indrawan mengatakan, salah satu upaya yang dijalankan oleh pemerintah adalah dengan pembinaan dan pelatihan bagi UMKM. Terutama dalam mendesain dan merancang kemasan dan melibatkan para pelaku usaha swasta hingga marketplace di Indonesia.

Selain itu, mengajak para pelaku UMKM untuk berani ikut pameran atau bazar baik di Indonesia maupun internasional.

“Kami terus melakukan pameran-pameran produk unggulan UMKM, baik dalam negeri maupun di luar negeri. Tujuannya, agar produk UMKM kita bisa diterima pasar dengan baik, hingga menembus pasar mancanegara,” ungkap Rully di Jakarta.

Deputi Bidang Produksi dan Pemasaran Kemenkop UKM, Victoria Simanungkalit mengatakan, kemasan produk yang menarik juga akan meningkatkan nilai jual produk itu sendiri.

“Kami akan terus mendorong kualitas produk UMKM, khususnya dalam bidang kemasan. Dengan kemasan yang baik, maka akan berdampak juga pada meningkatnya nilai produksi itu sendiri,” kata Victoria.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.