Cerdas dan Ceroboh! Ini 12 Karakteristik Investor Saham Berdasarkan Zodiak

5 menit
jual beli saham
Cerdas dan Ceroboh! Ini 12 Karakteristik Investor Saham Berdasarkan Zodiak, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bila patokannya adalah zodiak, para trader yang selalu aktif dalam jual beli saham tentu punya karakter berbeda-beda. Nah, sekarang zodiak mu apa? Aquarius, Pieces, Virgo, Leo, Gemini? Lalu gimana nih cara kamu dalam melakukan jual beli saham?

Sejatinya, zodiak emang memiliki hubungan erat dengan karakter dan psikologis seseorang yang lahir di tanggal atau bulan tertentu. Oleh karena itu, seringkali muncul sebuah ramalan-ramalan seputar nasib, jodoh, karier, percintaan yang didasari dengan zodiak.

Mau percaya dengan ramalannya ya silahkan aja! Gak percaya juga silahkan lho. Tapi kebanyakan orang, hal ini kerap dijadikan bahan seru-seruan bagi yang pernah mengalaminya, bukan begitu?

Kali ini, MoneySmart.id bakal mengulas karakter orang-orang yang gemar sekali jual beli saham berdasarkan zodiaknya, penasaran gak nih? Yuk simak di bawah sini aja dan gak usah serius-serius lho ya bacanya, just for fun saja!

Baca juga: Mau Dapat Rp 1 Juta Seminggu? Ini 6 Triknya

1. Sagitarius (22 November – 21 Desember)

jual beli saham
Begini nih karakteristik para investor yang berzodiak Sagitarius, (Ilustrasi/Shutterstock).

Mereka yang berzodiak Sagitarius kerap disebut pandai dalam mengurus keuangan. Udah gitu mereka memiliki prediksi dalam jangka pendek dan gak pernah meleset dari target. Oleh karena itu, beli saham gorengan pun gak masalah.

Jadi bagi mereka yang memiliki nyali dan keyakinan cukup besar bahwa ketika beli saham A biasanya orang tersebut pasti untung. Tapi kekurangannya adalah, sifat optimis dari Sagitarius kadang berlebihan. Hal ini justru dinilai kurang berhati-hati ketika bertransaksi.

Baca juga: Panduan Lengkap Cara Membeli Saham Buat Investor Pemula

2. Capricorn (22 Desember – 19 Januari)

jual beli saham
Buat yang Capricorn begini nih karakter mereka saat trading, (Ilustrasi/Shutterstock).

Zodiak yang berlambang kambing hutan jantan ini, juga dinilai pendiam dan jago dalam urusan mengatur keuangan. Selain itu mereka juga memiliki perilaku gak terlalu konsumtif.

Dalam hal transaksi saham, Capricorn gak bakal mudah tergoda buat membeli saham gorengan kolestrol tinggi. Mending nabung saham aja dan nikmati keuntungannya nanti.

Baca juga: 10 Orang Sukses Berzodiak Leo yang Hartanya Miliaran hingga Triliunan

3. Aquarius (20 Januari – 18 Februari)

jual beli saham
Aquarius karakternya begini lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Nah, kalau yang ini jago dalam urusan prediksi masa depan. Oleh karena itu, ketimbang trading, mereka yang memiliki zodiak Aquarius lebih memilih metode value investing buat jangka panjang.

Mereka emang bisa memprediksi saham mana di masa depan yang harganya bakal meroket. Tapi terkadang Aquarius juga seringkali terjebak buat berinvestasi dalam jangka pendek. 

4. Pieces (19 Februari – 20 Maret)

jual beli saham
Cari aman dan pengin lebih untung biasanya para investor berzodiak Pieces begini nih, (Ilustrasi/Shutterstock).

Yangs satu ini bisa dibilang salah satu investor yang gak ribet dalam urusan beli saham. Intinya mereka biasanya nih pilih yang paling aman dan pasti udah menguntungkan baginya.

Gak tertarik dengan analisa teknikal yang bikin pusing. Analisa fundamental aja sudah cukup nih bagi mereka yang berzodiak Pieces. Oleh karena itu mereka bakal memburu saham-saham dengan kapitalisasi pasar yang besar. 

5. Aries (21 Maret – 19 April)

jual beli saham
Kamu yang Aries merasa pas gak nih dengan ramalannya?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Terkenal dengan sifatnya gak sabaran dan mudah emosian, Aries cukup berani melakukan pembelian saham-saham perusahaan yang baru saja melakukan IPO. Karena saham-saham perusahaan tersebut biasanya mengalami kenaikan alias harganya bisa meroket dalam hitungan detik.

Kalau portfolionya lagi minus karena IHSG anjlok, mereka yang Aries biasanya ngamuk dan langsung tutup aplikasi trading. 

6. Taurus (20 April – 20 Mei)

jual beli saham
Bagi kamu yang Taurus begini nih karakternya, (Ilustrasi/Shutterstock).

Bagi mereka yang berzodiak Taurus biasanya nih, sangat ambisius buat mendapatkan cuan besar lewat beli saham. Hal tersebut diiringi pula dengan kesabaran, kesetiaan dan kestabilan. 

Saham blue chip di sektor defensive yang akhirnya jadi pilihan mereka. Sebut saja seperti banking atau consumer goods. 

7. Gemini (21 Mei – 20 Juni)

jual beli saham
Gemini biasanya cenderung ceroboh nih saat melakukan jual beli, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kamu yang Gemini dikenal cenderung ceroboh ketika berinvestasi saham dan agak labil ketika menentukan pilihan saham rekomendasi dari analis. Alhasil yang ada malah salah beli terus.

Beli mahal jual murah hal ini sering banget nih terjadi bagi kamu yang berzodiak Gemini. Karakternya udah kayak Sultan aja yang bingung buang-buang duit.

8. Cancer (21 Juni – 22 Juli)

jual beli saham
Buat yang Cancer biasanya mereka gak begitu tergiur lho, (Ilustrasi/Shutterstock).

Hanya mau jual beli saham milik perusahaan yang mereka tahu, dan udah pernah membeli sebelumnya. Zodiak yang satu ini sering disebut kurang pas berinvestasi di sektor saham karena kurang cocok dengan investasi berisiko tinggi.

Intinya, mereka gak bakal tergiur buat membeli saham gorengan apalagi perusahaan yang baru IPO.

9. Leo (23 Juli – 22 Agustus)

jual beli saham
Leo biasanya mereka senang banget cari perhatian agar jadi pusat perhatian banyak orang, (Ilustrasi/Shutterstock).

Sangat suka jadi pusat perhatian, kadang berani pamer portfolio ke orang-orang terdekat, terlepas dari apakah mereka tengah merasakan cuan atau lagi bocuan bahkan merugi. 

Saking sukanya jadi pusat perhatian, orang lain pun bakal mengetahui saham apa yang ia beli dan jual, serta jumlah lotnya. Wah! Kalau gini dibilang ceroboh gimana ya? Atau dibilang bocor bisa juga alias sering banget buka boroknya sendiri. 

10. Virgo (23 Agustus – 22 September)

jual beli saham
Kamu yang Virgo seringkali begini gak?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Kritis, penuh analisa, logis, dan praktis, itulah sifat yang dimiliki oleh investor saham berzodiak Virgo. Bisa dibilang Virgo ini merupakan trader yang tergabung dalam “pasukan cuan”.

Mereka biasanya cenderung membeli saham yang mulai menunjukkan tanda-tanda bullish, dengan harapan bakal tembus resistance. Ketimbang yang lagi bearish (turun) karena khawatir tembus batas support.

11. Libra (23 September – 22 Oktober)

jual beli saham
Begini nih karakter Libra saat jual beli, kamu begitu gak?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Dalam urusan membeli saham, kamu yang Libra itu mirip-mirip Gemini yakni sering banget bimbang dan ragu dalam menentukan pilihan saham dari analis. Oleh karena itu, keputusan buat membeli juga bakal memakan waktu.

Karena pertimbangan yang lama, alhasil harga sahamnya udah keburu naik dan gak jadi beli.

12. Scorpio (23 Oktober – 21 November)

jual beli saham
Buat yang Scorpio biasanya memiliki insting yang kuat banget, betul gak?, (Ilustrasi/Shutterstock).

Instingnya kuat lalu diiringi dengan kegigihannya dalam mendapat cuan gede. Tanpa meminta pendapat analis, mereka yang Scorpio udah bisa menentukan saham apa yang bakal bagus buat jangka pendek maupun panjang. Kebanyakan dari mereka yang Scorpio itu sering banget membaca perkembangan berita seputar ekonomi.

Mereka pun jago lho dalam urusan mendiversifikasikan portfolio sahamnya. Mereka tahu nih mana yang buat trading dan berinvestasi dalam waktu jangka panjang. 

Itulah 12 karakteristik investor saham berdasarkan zodiaknya. Kira-kira cukup mewakili zodiak mu gak dalam jual beli saham? (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Aulia Akbar
Aulia Akbar

Sebagai mantan jurnalis dan praktisi humas, saya memutuskan untuk menekuni beladiri paling ekstrim di dunia. Di kesempatan yang sama, izinkanlah saya untuk berbagi tips keuangan dan cerita inspiratif buat Anda.