Pakai Jenius Sekarang Bisa Tukar Valas Digital, Ini Caranya!

2 menit
Aplikasi Jenius (Shutterstock)
Aplikasi Jenius (Shutterstock)

PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional (BTPN) lewat Jenius memperkenalkan layanan terbaru yakni jual beli atau penukaran mata uang asing secara digital.

Layanan ini memudahkan pengguna dalam bertransaksi menggunakan valuta asing. Kini dengan menggunakan kartu utama (m-Card), pengguna Jenius dapat mengaktifkan saldo mata uang asing.

Diantaranya dolar Amerika Serikat (USD), dolar Singapura (SGD), dan yen Jepang (JPY). Ketiga valuta asing ini dinilai paling dominan digunakan masyarakat Indonesia ketika akan berlibur ke luar negeri seperti Singapura dan Jepang.

Head of Digital Banking Bank BTPN Irwan S Tisnabudi mengatakan, pilihan saldo tiga mata uang asing yang hadir di aplikasi sejak 23 Mei 2019.

Dengan fitur ini, pengguna bisa transaksi jual dan beli mata uang asing dengan Rupiah (IDR) dan sebaliknya melalui aplikasi tanpa harus pergi ke tempat penukaran uang asing atau money changer

“Selain itu, pengguna juga bisa dengan mudah dalam bertransaksi di negara tujuan. Sehingga dapat meminimalkan risiko fluktuasi kurs mata uang asing,” kata Irwan.

Bisa Digunakan di Berbagai Negara

Irwan mengungkapkan, baru-baru ini ada salah satu nasabah yang menggunakan kartu debit Jenius dari Bank BTPN yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran langsung di Mass Rapid Transit (MRT) Singapura.

“Ini baru aja viral nasabah Jenius menggunakan kartu debitnya untuk bayar MRT di Singapura. Memang transaksi itu bisa dilakukan disana membayar MRT, bus, taksi, serta convenient store di berbagai dunia salah satunya Singapura,” ungkapnya.

Irwan menegaskan, kartu Debit Jenius berlogo Visa dapat digunakan untuk transaksi di semua jaringan Visa di seluruh dunia. Kartu Debit Jenius Visa juga dilengkapi dengan fitur contactless yang memungkinkan pengguna melakukan transaksi dengan lebih cepat tanpa perlu menggunakan uang tunai. 

“Pengguna hanya perlu menempelkan Kartu Debit Jenius Visa di mesin pembaca kartu di kasir dan transaksi pun selesai, tapi tetap aman,” paparnya.

Selain itu, kartu debit Jenius juga bisa digunakan sebagai alat transaksi pembayaran non tunai untuk MRT di di Hong Kong. Selain juga di Australia, UK (London), Perancis (Dijon), Kanada, Milan, hingga Polandia.

Adapun layanan ini diberikan kepada konsumen agar memberikan kemudahan dan solusi dalam melakukan transaksi valuta asing. Utamanya untuk tujuan travel ataupun transaksi di negara tujuan.

Editor: Ayyi Achmad Hidayah

Pramdia Arhando
Pramdia Arhando

Atlet renang yang gagal, tapi pernah jadi juara. Kini masuk dunia jurnalistik dan finansial. Semua tulisan di sini dari fakta dan kisah nyata.