Fakta-Fakta Tentang Net TV, Diterpa Isu Bangkrut hingga Batal IPO

3 menit
Fakta Net TV yang Tengah Diterpa Isu Kebangkrutan (Instagram).
Fakta Net TV yang Tengah Diterpa Isu Kebangkrutan (Instagram).

Stasiun televisi yang menggunakan jargon Televisi Masa Kini, Net TV sedang diterpa isu kebangkrutan. Isu ini menyebar luas di media sosial Twitter dan Facebook. 

Kabar tersebut menyebutkan kalau Net tidak mampu lagi bersaing dengan stasiun TV lainnya. Beberapa program acaranya yang dinilai bagus mulai hilang satu per satu. 

Isu lainnya adalah adanya kabar tentang pemecatan karyawan besar-besaran. Hal ini dilakukan demi efisiensi biaya produksi. 

Tapi ternyata kabar pemecatan tersebut sudah terbantahkan. Dikutip dari detikcom, komisaris sekaligus pendirinya, Wishnutama mengatakan tidak ada tindakan pemecatan sepihak. 

Selain itu, Chief Operating Officer Net, Azuan Syahril juga memastikan gak ada PHK besar-besaran terhadap karyawan. Net justru menawarkan karyawan untuk melakukan pengunduran diri, tentunya dengan keuntungan yang bakal didapat melalui perjanjian-perjanjian. 

Lantas bagaimana kisah perjalanan Net TV dari awal berdiri hingga diisukan bangkur saat ini? Padahal mereka memiliki acara-acara yang berbeda dari stasiun TV pada umumnya. 

Baca juga: 10 Ciri Fintech Ilegal Ini Wajib Kamu Ketahui Jika Gak Mau Ketipu

Memakai frekuensi Space Toon 

Net TV
Menggunakan frekuensi Space Toon (Instagram).

Net TV didirikan oleh seorang senior di industri pertelevisian Indonesia, yaitu Wishnutama dan bos Indika Group Agus Lasmono pada tahun 2013 silam. Memiliki visi dan misi untuk menampilkan acara-acara tv yang informatif, kreatif, menghibur, dan inspiratif.

Mereka membeli saham mayoritas stasiun tv anak-anak Space Toon. Dengan total kepemilikan saham mencapai 95 persen. Dengan cara ini, akhirnya Net menggunakan frekuensi Space Toon untuk mengudara di industri televisi Tanah Air. 

Acaranya yang unik dan beda dari yang lain 

Net TV
Program acara Bukan Sekedar Wayang (Instagram).

Net TV juga memiliki beberapa acara yang unik seperti Bukan Sekedar Wayang. Acara yang dibawakan oleh Sule ini menampilkan interaksi kocak antar lakon yang diwakilkan oleh wayang. Net mecoba untuk mengembalikkan eksistensi wayang dengan dunia masa kini. Tapi sayang acara tersebut kini sudah tidak ada diproduksi lagi. 

Kemudian, ada acara 86 yang merekam aksi-aksi Polri menindak kejahatan maupun pelanggaran. Berbagai aksi penindak kejahatan pun berhasil dipertontonkan ke publik, seperti menangkap komplotan begal, menangkap pelaku pembunuhan, hingga memergoki pengguna lalu lintas yang melanggar. 

Baca juga: Kabarnya Indonesia Jadi Negara Pengimpor Bawang Putih Terbesar, Benarkah?

Datangkan musisi internasional di acara ulang tahun

Net TV
Datangkan musisi internasional saat ulang tahun (Instagram).

Kalau stasiun TV lokal mungkin hanya mengundang artis-artis kenamaan Tanah Air untuk tampil di hari ulang tahun mereka, tapi berbeda dengan Net TV. Sejak ulang tahun pertama, dan kini, mereka selalu konsisten menggelar acara ulang tahun yang sangat mewah dengan mendatangkan musisi Internasional. Sebut saja Demi Lovato, Jessie J, Jonas Blue sampai Hailee Steinfeld pernah manggung buat ngerayain ultah Net. 

Batal IPO

Net TV
Bursa Efek Indonesia (Shutterstock).

Sejak tahun 2018 lalu, Net TV sebenarnya sudah merencanakan untuk melantai di bursa efek. Mereka menargetkan buat dapatkan dana segar Rp 1 triliun dari aksi tersebut. 

Akhirnya di tahun 2019 ini mereka masuk ke dalam daftar perusahaan yang akan IPO tahun ini. Namun, dikutip dari detikcom, namun per Juli 2019, nama perusahaan Net Visi Media hilang dari daftar itu. 

Itulah beberapa fakta tentang Net TV yang telah selama kurang lebih enam tahun menghiasi industri televisi di Tanah Air. Semoga saja mereka masih tetap bertahan di kancah pertelevisian ya. Karena biar bagaimanapun juga ada banyak jutaan penonton setianya yang masih mantengin Net setiap hari. (Editor: Winda Destiana Putri).

Okky Budi
Okky Budi

Penggemar Tsubasa yang jadi sarjana sosial. Kini secara sengaja masuk ke dunia finansial. Semoga bisa memberikan tulisan yang bermanfaat buat pembaca.