Sederet Fakta Dita Soedarjo, Putri Soetikno Soedarjo Pengusaha yang Ditangkap KPK

4 menit
dita soedarjo
Dita Soedarjo (Instagram/@ditasoedarjo)

Ditahannya Soetikno Soedarjo sebagai tersangka kasus suap PT Garuda Indonesia membuat kehidupan pribadinya disorot, termasuk fakta salah satu putrinya, Dita Soedarjo.

Soetikno Soedarjo dikenal sebagai pengusaha pemilik Mugi Rekso Abadi (MRA) Group yang bergerak di bidang mulai dari majalah, ritel, perhotelan, hingga perusahaan otomotif.

Di balik moncernya kerajaan bisnis yang digeluti, Soetikno diketahui telah bercerai dengan sang istri, Dian Muljadi yang merupakan anak dari pengusaha multikorporasi Tempo Group.

Dari pernikahan dengan Dian Muljadi, Soetikno Soedarjo dikaruniai tiga orang putri, yaitu Putri Soedarjo, Mita Soedarjo dan Dita Soedarjo. 

Putri sulung Soetikno dan Dian, Putri Soedarjo saat ini sudah memegang bisnis ritel Bvlgari dan Bang & Olufsen. Sebelumnya, Putri juga mendirikan salon kecantikan Pink Parlour.

Anak keduanya, Mita Soedarjo juga berperan dalam kelangsungan perusahaan keluarga ini. Mita kebagian bisnis lewat Majalah Cosmopolitan dan Harper’s Bazaar versi Indonesia.

Selain Putri dan Mita Soedarjo, Dita Soedarjo yang diketahui paling dekat dengan Soetikno Soedarjo juga menjalani bisnis di bawah MRA Group.

Selain menjadi pebisnis dan mantan tunangan Denny Sumargo, fakta lainnya tentang Dita Soedarjo turut menarik perhatian. Apa saja? Yuk, simak lengkapnya di sini:

CEO Haagen Dazs 

dita soedarjo
Dita Soedarjo (Instagram/@ditasoedarjo)

Dita Soedarjo yang merupakan putri bungsu Soetikno Soedarjo dan Dian Muljadi sempat menempuh pendidikannya di Amerika Serikat.

Setelah pulang ke Indonesia, social enterpreneur satu ini menjalankan usaha ritel es krim Haagen Dazs yang lisensinya juga dimiliki perusahaan sang ayah. Di perusahaan ini, Dita menjadi CEO.

Baca juga: Tunangan Sama Denny Sumargo, Ini Lho Bisnis Dita Soedarjo dan Keluarga

Rilis produk sendiri

dita soedarjo
Dita Soedarjo (Instagram/@ditasoedarjo)

Meiliki jiwa bisnis tinggi membuat Dita tak hanya menjalani bisnis keluarga. Dia juga diketahui merilis produk bisnisnya sendiri berupa fashion Dignity Woman dan Virgin Villains.

Dita juga menjalankan bisnis lain, yaitu produk kosmetik berupa lipstik yang dijalaninya bersama teman-temannya.

Wanita kelahiran tahun 1992 itu juga memproduksi bulu mata palsu yang diberi merek D’licate. Gak heran kalau penampilan Dita di berbagai kesempatan selalu cetar.

Dekat dengan artis

dita soedarjo
Dita Soedarjo (Instagram/@ditasoedarjo)

Menjadi pebisnis, tentu saja tidak bisa lepas dari jajaran artis. Pasalnya, kehidupan pebisnis dan artis banyak berhubungan satu sama lain. Dita diketahui kerap bekerjasama dalam satu proyek dengan para artis.

Dita pun diketahui dekat dengan jajaran artis Tanah Air. Salah satunya, penyanyi yang juga artis Bunga Citra Lestari (BCL).

Jajaran sosialita papan atas Tanah Air 

dita soerdarjo
Dita Soedarjo (Instagram/@ditasoedarjo)

Wanita cantik dengan segudang prestasinya ini juga dikenal sebagai sosialita papan atas Tanah Air.

Tergabung dengan jajaran sosialita, Dita beberapa kali tampak berpose bersama mereka.

Kerap mengelilingi kota dengan helikopter

dita soedarjo
Dita Soedarjo (Instagram/@ditasoedarjo)

Memiliki aktivitas tinggi sebagai pengusaha, sudah jadi hal biasa bagi Dita mengelilingi kota dengan helikopter.

Dita pun tampak berpose dekat helikopter yang membantunya beraktivitas.

Aktif dalam gerakan sosial

dita soedarjo
Dita Soedarjo (Instagram/@ditasoedarjo)

Gak cuma jago berbisnis, Dita juga sering menjadi aktivis gerakan sosial. Salah satunya, merilis gerakan sosial Shout Out dengan kampanye yang bertajuk Let’s Share pada tahun 2015. 

Kampanye yang dibuat bersama Tatjana Saphira dan Olivia Jensen itu menjadi bentuk kepedulian Dita terhadap isu pendidikan yang ada di Indonesia. 

Ada empat aktivitas yang sudah berjalan sampai sekarang, yakni Share Book untuk berbagi buku dalam bentuk perpustakaan berjalan, Share Hope, Share Food, dan Share Time dalam bentuk vonlunteer. Saat ini, proyek tersebut sudah resmi bekerja sama dengan UNICEF.

Dita juga membangun gerakan sosial yang menjadi salah satu bagian dari Shout Out, bernama Dignity Woman. 

Gerakan ini berbentuk seperti sebuah sekolah yang mengajarkan keahlian seperti bagaimana cara menjawab interview pekerjaan dan membangun serta mengembangkan bisnis.

Mantan tunangan Denny Sumargo

dita soedarjo
Dita Soedarjo (Instagram/@ditasoedarjo)

Kerajaan bisnis yang digeluti Dita Soedarjo dan keluarga membuat wanita 27 tahun ini kaya raya.

Kekayaan sosok wanita religius ini pula yang membuat ibunda Denny Sumargo takut anaknya tak mampu mengimbanginya kelak.

Meski begitu, mantan pasangan beda profesi itu pernah melangsungkan pertunangan pada 4 Agustus 2018. Namun, mereka terpaksa mengakhiri pertunangan yang rencananya digelar awal tahun 2019 lalu.

Itulah enam fakta menarik tentang Dita Soedarjo yang namanya kini turut disorot usai sang ayah, Soetikno Soedarjo ditahan kasus suap dan pencucian uang. Semoga kiprah Dita Soedarjo sebagai pengusaha dapat menginspirasimu!

Chaerunnisa
Chaerunnisa

Senang menulis dan belajar banyak hal. Semoga karya saya selalu bisa dinikmati dan bermanfaat bagi semua.