Biar Saldo Rekening Menggedut! Begini 5 Cara Menghemat Uang Bulanan yang Gak Menyiksa

3 menit
Cara menghemat uang
Cara menghemat uang bulanan yang gak menyiksa (Shutterstock)

Cara menghemat uang memang bisa dibilang susah-susah gampang. Kalau dibilang susah, banyak orang berhasil menekan pengeluaran. Tapi kalau dibilang gampang, nyatanya tak sedikit orang gagal berkali-kali menyisihkan uang untuk berhemat.

Semua itu memang kembali lagi ke pribadi masing-masing orang. Intinya, harus punya tujuan finansial agar bisa mengontrol keuangan dengan baik.

Misalnya, kamu ingin menunaikan ibadah umrah tahun depan dengan estimasi biaya sekitar Rp 25 juta. Sementara gaji kamu per bulan sebesar Rp 10 juta. Salah satu caranya agar impianmu tercapai ialah menghemat uang bulanan.

Kalau kamu masih mengikuti nafsu impulsifmu terus, angan harap bisa punya uang buat berangkat umrah. Bisa-bisa malah kamu yang terjerat utang kalau menjalankan gaya hidup hedon!

Untuk itu, MoneySmart ingin memberikan beberapa cara menghemat uang bulanan yang gak menyiksa dan bikin kantongmu tebal terus. Yuk, simak lima caranya di bawah ini:

1. Membuat anggaran

Cara menghemat uang
Cara menghemat uang

Cara pertama yang harus kamu lakukan untuk menghemat uang adalah, membuat anggaran bulanan dengan jelas.

Misalnya, apa saja pengeluaran pasif yang pasti kamu keluarkan setiap bulan. Seperti bayar cicilan mobil atau bayar listrik dan air untuk bantu orang rumah.

Setelah anggaran sudah ditetapkan, baru bisa fokus dengan sisa uang kamu untuk memenuhi kebutuhan yang lain. Salah satunya, pergi umrah.

Dengan anggaran bulanan yang ketat, kamu akan terpacu fokus menjalankan perencanaan keuangan yang sudah dianggarkan hingga akhirnya bisa menghemat pengeluaran bulanan.

Meski begitu, perlu diingat kalau membuat anggaran jangan melebihkan atau mengurangkan nominalnya. Tujuannya, agar tujuanmu tercapai.

Baca juga: 7 Cara Menghemat Uang dalam Keseharian yang Sering Disepelekan

2. Langsung sisihkan pendapatan

Cara menghemat uang
Cara menghemat uang

Jika sudah membuat anggaran bulanan, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah langsung menyisihkan pendapatan saat gajian.

Dengan begitu, kamu jadi gak punya alasan untuk menunda mengeluarkan uang untuk pos-pos yang sudah ditetapkan.

Pasalnya, tak sedikit orang langsung merasa ‘tajir’ saat gajian. Ada yang langsung belanja baju atau bahkan traktir makan teman-teman. Ujung-ujungnya keuanganmu pun jadi amburadul. Kalau kamu terus boros seperti itu, jangan heran jika masa depanmu bakal suram.

Bukan pelit, tapi lebih berhemat demi masa depan yang lebih baik. Setuju?

3. Catat setiap pengeluaran

Cara menghemat uang
Cara menghemat uang

Sudah menghemat pengeluaran tapi kok uang masih ludes saja. Nah, itulah pentingnya kamu mencatat setiap uang yang sudah dikeluarkan.

Dengan begitu, kamu jadi tahu kemana larinya uang-uang kamu dan bisa lebih menekan pengeluaran yang gak penting.

Karena itu, mulai sekarang siapkan buku kecil dan catat setiap uang yang keluar dari kantong dan rekening kamu. Kalau perlu, bikin seperti jurnal agar lebih mudah dibacanya setelah akhir bulan.

4. Fokus pada kebutuhan, bukan keinginan

Cara menghemat uang
Cara menghemat uang

Banyak orang tidak bisa berhemat karena mengeluarkan uang untuk membeli barang yang mereka inginkan, bukan yang dibutuhkan.

Misalnya, karena tergoda dengan diskon besar dan akhirnya mengeluarkan uang buat beli sepatu yang kamu sendiri gak nyaman menggunakannya karena terlalu tinggi.

Karena itu, sebelum mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu, sebaiknya pikirkan terlebih dahulu apakah barang itu benar-benar kamu butuhkan. Kalau hanya keinginan, mending tahan diri deh! Itu juga kalau kamu hidup nyaman saat tua ya.

5. Buat rekening terpisah

Cara menghemat uang
Cara menghemat uang

Langkah terakhir adalah, membuat rekening terpisah dan menggunakan sistem autodebet. Itu menjadi salah satu cara yang membuat kamu mau gak mau harus berhemat.

Namun, sebelum memutuskan untuk autodebet, hitung terlebih dahulu berapa kira-kira pengeluaran pasif yang harus kamu keluarkan setiap bulan.

Jangan asal menentukan nominal kalau ujung-ujungnya malah bikin hidup kamu sengsara karena gak bisa bayar cicilan atau gak ada uang transport ke kantor.

Itulah lima cara menghemat uang bulanan yang bisa kamu lakukan agar kantong tetap tebal. Dengan menerapkan cara tersebut, siap-siap ucapkan selamat tinggal untuk gaya hidup boros.  (Editor: Chaerunnisa)

Dewi Puri
Dewi Puri

Pecinta makeup yang terjun ke dunia financial. Jika biasanya berkutat dengan lipstik dan bedak, kini harus terbiasa dengan logam mulia maupun reksadana. Intinya tetap sama, menghasilkan suatu karya yang cantik.