Penting untuk Jenjang Karier! Ini 6 Cara Tingkatkan Skill Berpikir Kritis Supaya Dilirik Bos

4 menit
Berpikir kritis
Berpikir kritis untuk jenjang karier (Shutterstock)

Dalam dunia kerja, seorang karyawan membutuhkan kemampuan berpikir kritis yang bisa digunakan untuk kepentingan bekerja. Selain untuk bertukar pikiran, skill satu ini juga bisa membantu kamu lebih baik menjalani kehidupan sehari-hari.

Banyak orang beranggapan, jenjang karier yang bagus hanya bisa diperoleh melalui pencapaian atau target yang dicapai seseorang. Pendapat seperti itu emang gak sepenuhnya salah, tapi ada hal yang gak kalah penting lainnya yang menjadi penilaian.

Yakni dari cara berkomunikasi serta berpikir yang di bagikan kepada rekan kerja saat berkumpul. Kalau kedua hal itu udah bisa kamu kuasai dengan baik, maka ke depannya untuk naik jabatan bisa menjadi lebih mulus lagi.

Tapi gak usah khawatir, bila kamu mengalami kesulitan selama ini dalam mencoba berpikir kritis bisa mengikuti enam tips berikut yang bisa meningkatkan skill tersebut:

Evaluasi keputusan yang udah diambil

Berpikir kritis
Berpikir kritis

Dikutip Career Addict, cara pertama yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis adalah mengevaluasi keputusan yang udah diambil sebelumnya.

Coba berusaha untuk menanyakan ke diri kamu sendiri apa yang menjadi motivasi serta tujuan kamu mengambil suatu langkah yang kecil maupun besar dalam aktivitas sehari-hari. 

Pasalnya, secara langsung maupun gak langsung hal itu bakal memengaruhi kehidupan kamu selanjutnya. 

Jika kondisi tersebut bisa kamu lakukan secara rutin bisa membantu kamu untuk kritis dalam setiap langkah yang diambil nantinya.

Baca juga: Kamu Perlu Naik Jenjang Karier Kalau Tanda-Tanda Ini Muncul

Hindari sifat egois

Berpikir kritis
Berpikir kritis

Bukan hanya untuk berpikir kritis, sifat egois bakal membuatmu jadi orang yang dipandang buruk oleh keluarga, teman, bahkan rekan kerja.

Yang paling bikin sulit adalah ketika seseorang udah bersifat egois kemungkinan besar pendapat dari orang lain atau di sekitarnya bakal ditanggapi secara kurang serius. Dia lebih percaya kepada apa yang dipercayai daripada masukan yang diberikan kepadanya.

Kalau kamu salah satu orang yang seperti itu ada baiknya untuk coba lebih menghargai pendapat orang lain dibandingkan pendapat pribadi semata. 

Jadi pendengar yang baik dan aktif

Berpikir kritis
Berpikir kritis

Selanjutnya, masih berkaitan dengan nomor dua yakni menjadi pendengar yang baik dan aktif. Sebelum kamu mengungkapkan suatu pernyataan ada baiknya kamu mendengarkan ucapan orang lain terlebih dahulu hingga selesai. Jangan lupa, berikan respon positif di awal pembicaraan.

Tapi, yang perlu diperhatikan di sini mendengar bukan berarti kamu diam dan gak beropini ya. Sisihkan sedikit waktu untuk mencerna perkataan orang dan baru ucapkan kepada yang lain.

Yang gak kalah penting adalah, jangan terlalu sering memotong pembicaraan orang ketika belum selesai. Itu akan mempersulit diri kamu sendiri serta orang lain untuk berkomunikasi.

Lakukan riset mendalam

Berpikir kritis
Berpikir kritis

Cara yang paling mendasar untuk berpikir kritis adalah dengan melakukan riset mendalam tentang topik yang bakal dibicarakan bersama orang lain. 

Dengan begitu, kamu bisa mendapat banyak informasi serta bahan pembicaraan yang bisa dituangkan dalam diskusi.

Gak hanya untuk di kantor, kebiasaan melakukan riset perlu dijalani hampir setiap sisi kehidupan seseorang seperti membeli rumah atau kendaraan pribadi.

Tujuannya simpel, supaya kamu bisa mendapatkan keuntungan terbaik dari pilihan yang ada.

Terus belajar dan kembangkan rasa pengin tahu

Berpikir kritis
Berpikir kritis

Salah satu kunci dari suksesnya berpikir kritis adalah dengan terus belajar, dan jangan cepat berpuas diri. Kebanyakan orang merasa pengetahuan dan informasi yang dimilikinya udah cukup banyak, sehingga gak perlu-perlu banget belajar hal baru.

Saat itulah kamu harus berhati-hati sebab perasaan tersebut bisa menjadi ujung dari karier kamu ke depannya. Teruslah belajar tentang hal baru yang sebelumnya gak pernah dipelajari.

Jangan lupa mengembangkan rasa pengin tahu dalam dari supaya keinginan untuk terus belajar tetap tumbuh di dalam diri.

Menganalisis informasi

Berpikir kritis
Berpikir kritis

Terakhir yang bisa kamu lakukan untuk mengembangkan skill berpikir kritis adalah menganalisis informasi.

Sedikit berbeda dengan riset, dalam menganalisis kamu gak perlu capek-capek menggali lebih dalam informasi yang ada pada diskusi. Hanya kombinasikan pengetahuan yang udah kamu ketahui sebelumnya dan gali apa yang bisa dibicarakan.

Itulah enam cara meningkatkan skill berpikir kritis yang bisa kamu coba sendiri dalam kehidupan sehari-hari. Gak semuanya harus dicoba satu per satu, cukup gunakan yang kamu rasa paling efektif dan terus lakukan secara rutin ya guys! (Editor: Chaerunnisa)

Christantio Utama
Christantio Utama

Milenial yang merintis karier lewat dunia keuangan, karena segalanya butuh uang tapi uang bukanlah segalanya. Penonton setia Digimon dan penggemar olahraga otomotif Formula 1