Biar Hidup Makin Berwarna dan Bebas Utang di Usia Muda, Ikuti Cara ini!

4 menit
bebas utang
Biar Hidup Makin Berwarna dan Bebas Utang di Usia Muda, Ikuti Cara ini!, (Ilustrasi/Pixabay).

Masih muda tapi banyak utang? Pusing gak kalau kamu terlilit banyak utang? Nah, ada nih cara-caranya agar kamu bebas utang dan kondisi keuangan kamu lancar alias gak mandet.

Sejatinya yang namanya utang emang gak bakal terlepas bagi orang-orang saat ini. Baik yang muda maupun tua pasti mau gak mau memiliki utang.

Baik itu berupa cicilan KPR, angsuran mobil maupun pemakaian kartu kredit. Yang namanya utang dijamin bikin kondisi keuangan kamu gak sehat, apalagi kalau utang menyerap banyak uang dari gaji mu.

Seperti dikutip dari Kompas.com, Senin, (29/4/2019), ada nih cara-caranya buat kamu yang muda bebas dari utang. Gak lucu ya kan masa masih muda kamu udah terlilit banyak utang.

Seharusnya kamu yang muda pintar-pintar buat mengelola uang dan bisa berinvestasi, baik itu saham maupun logam mulia. Namanya anak muda emang gak jauh dari sifat konsumtif, mulai dari belanja hingga hang out dengan teman-teman baik di kafe maupun di pusat perbelanjaan.

Kini ada nih caranya buat kamu yang muda gak terlilit utang. Sebelumnya MoneySmart.id udah sering banget nih membahas gimana caranya gak banyak utang. Namun, kali ini mungkin aja bisa membantu kondisi keuangan mu jauh lebih baik. Yuk, kita simak di bawah ini:

Baca juga: 6 Cara Lepas dari Utang yang Kayaknya Mustahil Dilunasin

Perencanaan keuangan itu penting sekali

Bebas utang
Coba deh memiliki perencaan keuangan biar jelas nih pengeluaran kamu dan pemasukan, (Ilustrasi/Pixabay).

Saat kamu udah memiliki penghasilan sendiri penting nih yang namanya perencanaan keuangan. Hal ini merupakan kunci kamu bisa sukses jauh yang namanya utang.

Lakukan perencaan biar kamu bisa mencapai tujuan keuangan yang sehat. Pertimbangkan segala sesuatunya ketika menggunakan uang. Cara ini dijamin sih bisa bikin kamu terbebas yang namanya utang.

Bikin susunan skala prioritas buat setiap cicilan kamu secara rinci. Udah gitu kamu mesti disiplin nih saat memiliki cicilan tiap bulannya hingga utang kamu lunas.

Baca juga: Gak sampai Rp 100 Ribu, Puas Banget deh Makan di 5 Restoran Jepang Ini

Bikin batasan belanja yang jelas

Bebas utang
Bikin batasan saat berbelanja, cara ini dijamin kamu memiliki kondisi keuangan yang sehat dan gak ada utang, (Ilustrasi/Pixabay).

Ketika kamu pengin membebaskan diri yang namanya utang, mau gak mau mesti memiliki batasan saat berbelanjaan. Jangan sampai kamu “jor-joran” saat mengeluarkan uang usai gajian atau dari tabungan.

Bikin batasan yang jelas, misalkan ketika pergi ke pusat perbelanjaan usahakan jangan membawa kartu kredit. Ketika kamu membawa kartu kredit yang namanya keinginan buat belanja pasti besar banget nih.

Bawa uang secukupnya atau kartu debit aja, dengan demikian kamu pasti mikir-mikir nih buat belanja.

Baca juga: Deretan Orang Kaya Raya Hollywood yang Memilih Hidup Sederhana

Memiliki dana darurat

Bebas utang
Buat kamu yang bujangan dan masih muda gak ada salahnya nih memiliki dana darurat, (Ilustrasi/Pixabay).

Lagi-lagi dana darurat, MoneySmart.id udah sering banget nih membahas perihal yang satu ini. Kegunaan dana darurat dijamin sangat membantu kamu dalam mengatur keuangan.

Fungsi dana darurat sangat membantu ketika kamu mengalami sakit atau hal-hal yang gak diinginkan. Buat kamu yang masih bujang sangat perlu nih memiliki dana darurat. Baik itu berupa deposito maupun reksa dana.

Jauhkan gaya hidup yang berlebihan

bebas utang
Gaya hidup yang berlebihan bisa bikin kamu terjerat banyak utang nih, (Ilustrasi/Pixabay).

Nah, poin ini sering banget dialami oleh kamu yang masih muda. Memiliki gaya hidup yang tinggi maupun berlebihan bakal bikin tongpes kamu lho.

Coba deh hindari yang namanya gaya hidup berlebihan. Di sini bukannya pelit ya dalam mengeluarkan uang, tapi membantu kamu agar memiliki kondisi keuangan yang sehat.

Jangan pernah mudah terpengaruh oleh orang lain atau cuma mikirin gengsi. Pikirkan kondisi keuangan mu yang sehat agar bebas utang.

Coba maksimalkan pendapatan

bebas utang
Maksimalkan pendapatan mu dengan mencari pekerjaan paruh waktu, (Ilustrasi/Pixabay).

Perbedaan yang sangat terlihat bagi orang sukses dan orang biasa adalah orang biasa selalu berpikir buat hemat dalam pengeluaran. Namun, berbeda dengan orang yang sukses selalu memiliki pemikiran gimana cara menambah cuan di dalam dompet maupun rekening.

Gak ada salahnya kok kamu mencari pekerjaan paruh waktu demi mendapatkan uang yang lebih. Kalau udah begini, kondisi keuangan kamu bakal enak banget dan jauh dari yang namanya utang.

Tapi ingat ketika kamu memiliki pekerjaan sampingan dan penghasilan tambahan, jangan pernah buat tergiur melakukan hal-hal yang bisa menguras hasil kerja keras mu.

Nah, itu dia kiat-kiat buat kamu yang masih muda bebas utang. Gak lucu lho, kamu yang masih muda masa utang di kanan-kiri? Gak enak juga ya kan jadi bahan omongan orang lain kalau kamu sampai ditagih yang pemberi utang.

Jadi dari sekarang mulai bijak dalam mengeluarkan uang agar bebas utang. Semoga bermanfaat ya artikel ini, lagi pula kalau kamu gak punya utang hidup mu semakin berkah! (Editor: Mahardian Prawira Bhisma).

Mahardian Prawira
Mahardian Prawira

Penyuka cokelat dan kopi yang mulai menyukai seputar dunia investasi, ekonomi dan bisnis. Lebih menyukai dan menghargai sebuah proses dalam mencapai sesuatu! Xoxo...