Ada yang Jadi Rujukan di Indonesia, Ini 10 Bank Investasi Paling Top di Dunia

4 menit
UBS Group Salah Satu Bank Investasi Terbesar dan Paling Top di Dunia (Shutterstock).
UBS Group Salah Satu Bank Investasi Terbesar dan Paling Top di Dunia (Shutterstock).

Banyak orang yang belum tahu kalau bank bukan cuma sekadar lembaga penyimpanan uang dan pemberi kredit. Lebih dari itu, bank juga berperan sebagai lembaga investasi atau dikenal dengan nama bank investasi.

Dilansir dari Investopedia, bank investasi (investment banking) adalah unit khusus perbankan yang fokusnya menciptakan modal buat perusahaan, entitas, hingga pemerintah. Bank ini juga menjaminkan utang dan efek, membantu penjualan efek, hingga memperlancar urusan merger ataupun akuisisi.

Tercatat, ada 10 bank jenis tersebut yang berada di peringkat teratas di dunia. Penempatan peringkat bank-bank investasi tersebut berdasarkan perolehan pendapatan atau revenue. Berikut ini daftarnya.

1. Goldman Sachs

Bank Investasi
Goldman Sachs (Shutterstock).

Bank yang didirikan Marcus Goldman pada tahun 1869 ini masuk dalam kategori bank investasi terbesar di dunia. Goldman Sachs menawarkan layanan dalam empat divisi, yaitu investment banking, institutional client services, investing and lending, serta investment management.

Bank yang berkantor pusat di Kota New York, Amerika Serikat ini pada tahun 2017 telah membukukan pendapatan atau revenue sebesar US$ 32,07 miliar yang mana sebesar US$ 7,37 miliar berasal dari layanan bank investasi (investment banking).

2. JP Morgan Chase

Bank Investasi
JP Morgan Chase (Shutterstock).

Buat kamu yang sering baca berita ekonomi, nama JP Morgan tentunya gak asing buat kamu. Rekomendasinya mengenai pasar modal di Indonesia selalu diberitakan.

Wajar aja, soalnya lembaga yang berkantor pusat di Kota New York ini merupakan salah satu bank investasi paling top di dunia. Sejauh ini JP Morgan Chase telah beroperasi di 60 negara. Pendapatannya yang berasal dari investment banking diketahui mencapai US$ 34,5 miliar.

3. Barclays

Bank Investasi
Barclays (Shutterstock)

Berkantor pusat di Kota London, Inggris, Barclays masuk jajaran bank investasi terbesar di dunia. Bank Barclays pada tahun 2016 mencatatkan pendapatan sebesar 21,45 juta pound sterling. Sekitar 10,53 juta pound sterling berasal dari investment banking.

Barclays Investment Bank tercatat memiliki kantor di 29 negara. Pada September 2008, Barclays dilaporkan melakukan akuisisi divisi utama di Lehman Brothers.

4. Bank of America

Bank Investasi
Bank of America (Shutterstock).

Bank asal Amerika Serikat ini juga dinobatkan sebagai bank terbesar di dunia. Bank of America telah beroperasi di 40 negara dan mencetak pendapatan dari investment banking sekitar US$ 6,59 juta.

Selain layanan investment banking, Bank of America juga menawarkan layanan hipotek, trading, broker, hingga layanan kartu. Bank yang didirikan pada 1784 oleh Amadeo Giannini awalnya adalah Bank of Italy yang kemudian berubah nama pada September 1998.

5. Morgan Stanley

Bank Investasi
Morgan Stanley (Shutterstock).

Menjadi bank investasi terbesar di dunia, Morgan Stanley dilaporkan mencetak pendapatan mencapai US$ 1,4 miliar dari investment banking. Sama seperti JP Morgan, bank ini juga sering dijadikan rujukan oleh media-media di Indonesia.

Morgan Stanley berdiri sejak tahun 1935 dan berkantor pusat di Kota New York, Amerika Serikat. Bank ini tercatat membuka kantor di lebih dari 42 negara dan mempekerjakan 55 ribu pekerja.

6. Deutsche Bank

Bank Investasi
Deutsche Bank (Shutterstock).

Bank asal Jerman ini juga masuk sebagai bank investasi terbesar di dunia, terutama di Eropa. Pada 2018, Deutsche Bank mencatatkan revenue sebesar 24,79 miliar Euro. 

Bank ini didirikan pada 10 Maret 1870 dan berkantor pusat di Kota Frankfurt, Jerman. Hingga saat ini Deutsche Bank telah beroperasi di 58 negara dan pada April 2018 menjadi bank ke-15 dengan aset terbesar di dunia.

7. Citigroup

Bank Investasi
Citigroup (Shutterstock).

Bank yang bermarkas di Kota New York ini juga menjadi bank investasi terbesar di dunia. Citigroup pada tahun 2017 mencatatkan pendapatan dari investment banking sebesar US$ 5,17 miliar.

Bank yang hadir sejak 8 Oktober 1998 ini juga unggul dalam layanan manajemen investasi, private banking, hingga pemrosesan kartu. Citigroup sejauh ini telah beroperasi di lebih 160 negara dan memiliki 200 juta pelanggan.

8. Credit Suisse

Bank Investasi
Credit Suisse (Shutterstock).

Begitu juga dengan bank investasi yang satu ini. Pernyataan-pernyataannya mengenai pasar modal di Indonesia juga sering menjadi pemberitaan.

Berdiri pada tahun 1856 dan berkantor pusat di Zurich, Credit Suisse menjadi salah satu bank investasi terbesar di dunia. Pendapatan yang diperoleh bank ini pada tahun 2017 mencapai 20,9 miliar Franc Swiss.

9. UBS Group AG

Bank Investasi
UBS Group AG (Shutterstock).

Bank asal Swiss lainnya yang menjadi bank investasi terbesar di dunia adalah UBS Group AG. Pada 2017, UBS Group AG mencetak pendapatan bersih US$ 1,25 miliar.

Bank yang berdiri pada tahun 1862 ini mempekerjakan 60 ribu karyawan yang tersebar di banyak negara. Mayoritas karyawannya bekerja di Amerika Serikat dan Swiss.

10. HSBC Holdings plc (HSBC)

Bank Investasi
HSBC (Shutterstock).

Bank ini menjadi bank investasi ke-10 yang tercatat paling besar di dunia. HSBC pada 2017 mencatatkan total penghasilan sebesar US$ 61,5 miliar.

Meskipun namanya the Hongkong and Shanghai Banking Corporation (HSBC), bank ini sebenarnya bank multinasional Inggris. Bank ini berdiri pada tahun 1865 dan telah beroperasi di 67 negara di dunia.

Nah, itu tadi daftar bank investasi terbesar dan masuk peringkat 10 besar di dunia. Semoga informasi barusan bermanfaat! (Editor: Winda Destiana Putri).

Boby
Boby

Lama bergelut dengan ensiklopedia. Kini fokus dengan urusan finansial. Di mana pun berada selalu berusaha sajikan karya yang terbaik. Semoga bermanfaat!